Ketahui Ciri Burung Jalak Hongkong Yang Unik

by

Pada kesempatan kali ini kami kembali memberikan informasi burung Jalak Hongkong. Burung ini juga dikenal dengan nama jalak Thailand, entah apa alasannya. Kemungkinan besar karena spesies ini juga mudah ditemui di negara tersebut.

Perlu diketahui, burung ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan jalak lokal. Selain itu, suaranya juga lebih nyaring, namun sayang tidak cocok jika diikutkan lomba. Burung ini pada umumnya dijadikan masteran untuk burung kicau lainnya.

Meskipun bukan burung endemik Indonesia, namun cirinya sangat mudah dikenali. Ciri yang dimaksud bisa dilihat dari bentuk fisik, suara yang khas, dan habitatnya. Supaya lebih jelas, silahkan simak ulasan yang telah kami siapkan berikut!

Ciri Fisik

Ciri yang pertama bisa anda lihat dari fisiknya, burung ini berukuran cukup besar dibandingkan spesies lain. Warna bulunya didominasi hitam dan putih, bagian kepala tampak putih bersih. Dengan patuh lancip dan hitam, kaki jalak Hongkong juga berwarna putih.

Warna putih tersebut sebagian besar menutupi daerah dada hingga kepala. Uniknya, mata burung ini berwarna kuning dengan iris yang putih pula. Burung jenis ini dianggap lebih pintar daripada spesies lainnya, anda bisa melatihnya dengan mudah.

Perbedaan antara jalak Hongkong jantan dan betina tidak terlalu jauh, karena keduanya sama-sama berkicau. Hanya saja untuk burung jantan lebih rajin dan bervariasi. Keunikan dari burung ini yakni dapat menirukan suara hewan lain, contohnya ayam dan cicak.

Habitat Dan Karakteristik Jalak Hongkong

 Di alam bebas atau di habitatnya, burung Jalak Hongkong memiliki karakteristik yang agresif. Akan semakin agresif jika daerahnya dimasuki oleh burung lainnya. Burung ini juga dikenal pemberani dan tidak mudah takut, bahkan kepada manusia sekalipun.

Baca Juga :   Prosesor Intel Core Gen 13 Dirilis di Indonesia, Tawarkan Performa Bertenaga!

Maka tidak heran jika sebagian besar yang memelihara burung ini mudah menjinakkannya. Dengan perawatan yang tidak terlalu serius, burung ini juga mudah jinak. Untuk habitat di alam bebas biasanya ditemukan di kawasan hutan, sawah, dan dataran tinggi yang subur.

Tips Merawat Jalak Hongkong

Apakah anda tertarik merawat burung yang memiliki kicauan lumayan dan agresif ini? Meski mudah ditaklukkan, namun ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Mudah bukan berarti hasilnya nanti berkualitas, biasanya jinak namun jarang berkicau.

Tips pertama adalah dengan memperhatikan kandangnya, pastikan bersih setiap hari. Untuk hal ini, anda bisa membersihkannya dengan cara menyiram dan mengeruk kotorannya. Selanjutnya adalah memandikan, cukup sekali saja setiap pagi jam 7 atau jam 9.

Bagaimana, apakah informasi diatas sangat berguna bagi anda? Apapun tujuan anda merawat burung Jalak Hongkong, baik untuk lomba atau sekedar burung rumahan, pastikan merawatnya dengan baik. Perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

No More Posts Available.

No more pages to load.